Jumat, 06 Januari 2017

Pelaksanaan Otonomi Daerah Dalam Dunia Pendidikan

Otonomi  pendidikan yang benar harus bersifat accountable, artinya kebijakan pendidikan yang diambil  harus selalu dipertanggungjawabkan kepada publik, karena sekolah didirikan merupakan institusi publik atau lembaga yang melayani kebutuhan masyarakat. Otonomi tanpa disertai dengan akuntabilitas publik bisa menjurus menjadi tindakan yang sewenang-wenang.

Berangkat dan ide otonomi pendidikan muncul beberapa konsep sebagai solusi dalam menghadapi kendala dalam pelaksanaan otonomi pendidikan, yaitu :



1. Meningkatkan Manajemen Pendidikan Sekolah
2. Reformasi Lembaga Keuangan Hubungan Pusat-Daerah
3. Kemauan Pemerintah Daerah Melakukan Perubahan
4. Membangun Pendidikan Berbasis Masyarakat
5. Pengaturan Kebijakan Pendidikan antara Pusat dan Daerah

bentuk otonomi dalam bidang pendidikan berbeda dengan otonomi bidang lainnya, karena dalam Otonomi Pendidikan tidak berhenti pada daerah tingkat kabupaten dan kota, tetapi justru langsung kepada sekolah sebagai ujung tombak penyelenggaraan pendidikan. Salah satu model otonomi pendidikan ini dikenal dengan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah).
Manajemen Berbasis Sekolah, sebagai konsep dasar pendidikan masa kini, merupakan konsep manajemen sekolah yang memberikan kewenangan, kepercayaan, dan tanggung jawab yang luas bagi sekolah berdasarkan profesionalisme untuk menata organisasi sekolah, mencari, mengembangkan dan mendayagunakan sumber daya pendidikan yang tersedia, serta memperbaiki kinerja sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan sekolah yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar