Senin, 09 Januari 2017

Persamaaan dan Perbedaan Bimbingan dan Konseling

http://hendrasional.blogspot.co.id/
Persamaan; 

bimbingan terletak pada tujuan yang hendak dicapai yaitu sama-sama diterapkan dalam program persekolahan, sama-sama berusaha untuk memandirikan individu, dan sama-sama mengikuti norma-norma yang berlaku di lingkungan masyarakat tempat kedua kegiatan itu diselenggarakan.

Tujuan dari bimbingan dan konseling adalah untuk menjadikan individu memiliki kemandirian atau menjadi pribadi yang mandiri.

Dapat diterapkan dalam program persekolahan sehingga dengan adanya bimbingan dan konseling membantu sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan.
Dilaksanakan sesuai dengan norma – norma yang berlaku.

Perbedaan antara bimbingan dan konseling terletak pada segi isi kegiatan dan tenaga yang menyelenggarakan.

Dari segi isi, bimbingan lebih banyak bersangkut paut dengan usaha pemberian informasi dan dan kegiatan pengumpulan data tentang siswa dan lebih menekankan pada fungsi pencegahan, sedangakan konseling merupakan bantuan yang dilakukan dalam pertemuan tatap muka antara dua orang manusia yaitu antara konselor dan klien.

Dari segi tenaga, bimbingan dapat dilakukan oleh orang tua, guru, wali kelas, kepala sekolah, orang dewasa lainnya. Namun, konseling hanya dapat dilakukan oleh tenaga-tenaga yang telah terdidik dan terlatih.

Dengan kata lain, konseling merupakan bentuk khusus bimbingan yaitu layanan yang diberikan oleh konselor kepada klien secara individu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar