Senin, 27 Februari 2017

Harapan Dunia Pendidikan Terhadap Perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia

Perkembangan teknologi semakin hari kian melejit. Baik perkembangan dalam dunia ekonomi maupun pendidikan. Perkembangan teknologi dalam dunia ekonomi perlahan sudah terlihat nyata di depan sepasang bola mata. Mulai transaksi jual beli secara online, jasa online dan masih banyak lagi praktik ekonomi dengan pemanfaatan perkembangan teknologi.

Internet merupakan wadah utama dalam perkembangan teknologi di Indonesia. Terutama yang berada di kota sudah banyak masyarakat yang mempunyai akses internet dengan mudah, sehingga pemanfaatan internet sebagai salah satu media pembelajaran dan pencari informasi  pengetahuan dapat lebih maksimal walaupun akses internet di Indonesia belum sepenuhnya dapat dirasakan semua kalangan.

Lain halnya dalam dunia pendidikan, perkembangan teknologi hanya dirasakan bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar yang notabenenya kelengkapan infrastruktur pengembangan teknologinya sangat mendukung. Berbanding terbalik dengan mereka yang tinggal di pelosok daerah. Jangankan untuk memikirkan perkembangan teknologi, untuk mengenalnya saja mungkin tidak pernah. Ini merupakan pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk senantiasa menilik pelosok-pelosok daerah di sudut Indonesia.

Sebagai negara berkembang, sudah sepantasnya ketersediaan infrastruktur pengembangan teknologi ditingkatkan. Fasilitas yang masih minim mengakibatkan kesempatan setiap orang untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan menjadi terbatas. Ketersediaan infrastruktur ini sangat berpengaruh besar bagi daerah-daerah yang proses memperoleh informasinya masih sangat terbatas. Hal ini dikarenakan penyebaran teknologi informasi dan komunikasi belum merata.

Dalam dunia pendidikan, aplikasi teknologi komunikasi dan informasi telah memungkinkan terciptanya lingkungan belajar secara global berhubungan dengan internet yang menempatkan peserta didik di tengah-tengah proses pembelajaran, dikelilingi oleh berbagai sumber belajar dan layanan belajar elektronik. Hal inilah sekarang yang sedang dirasakan oleh peserta didik yang tinggal di kota. Hal ini juga yang sedang terlintas dalam fikiran peserta didik yang tinggal jauh dari perkembangan teknologi.

Harapan pribadi yang mewakili masyarakat pedalaman kepada pemerintah dan perusahaan-perusahaan teknologi, terkhusus PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom Indonesia sebagai perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi terlengkap se-Indonesia. Pada saat ini terus melakukan pengembangan terhadap infrastruktur yang dimilikinya. Pada awal tahun 2017, Telkom Indonesia meluncurkan Satelit Telkom 3S sebagai upaya pemerataan akses telekomunikasi yang menjangkau seluruh nusantara, khususnya wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil). Dengan diluncurkannya satelit baru andalan Telkom Indonesia, masyarakat Indonesia dapat semakin kuat berinteraksi digital. Kompasianer juga dapat menyaksikan secara langsung peluncuran Satelit Telkom 3S.

Program yang sangat sinkron dengan kebutuhan seluruh peserta didik di pelosok daerah ini sangat diharapkan sampai ke daerah mereka dan mampu memberikan kontribusi pengenalan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini sangat bermanfaat bagi perkembangan mutu pendidikan secara universal, baik bagi sumber daya manusia (guru) maupunbagi peserta didiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar