Selasa, 16 Mei 2017

Yudisium dan Wisuda

Setiap mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta tentunya menginginkan kelulusan cepat dengan nilai yang memuaskan. Karena selain bangga dengan diri sendiri, pastinya orang tua akan ikut bahagi ketika anaknya telah diwisuda dengan nilai yang sangat memuaskan. Ini merupakan salah satu bukti bahwa anaknya benar-benar melaksnakan amanah orang tua.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yudisium adalah penentuan nilai (lulus) suatu ujian sarjana lengkap (di perguruan tinggi).

Yudisium merupakan suatu proses akademik yang berkaitan dengan segala proses penyelasaian perkuliahan, baik nilai dan kelulusan mahasiswa dari seluruh proses akademik yang telah dilaluinya. Senat universitas atau pascasarjana-lah yang menyelenggarakan rapat keputusan yudisium dinyatakan dengan keputusan Rektor atau direktur Pascasarjana.


Dengan kata lain, yudisium merupakan pengumuman nilai kepada mahasiswa sebagai perangkuman nilai akhir atau biasa disebut Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), dan nlai tersebut ditetapkan dalam transkrip akademik. Pengalaman saya waktu kuliah program magister pada program studi Pendidikan Islam dengan konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan bahwa mahasiswa S2 dan S3 yang sudah menyelesaikan matrikulasi, lulus semua matakuliah (teori), lulus ujian seminar proposal, dan lulus ujian tesis/disertasi dan telah menyelesaikan revisi hasil ujian tersebut dengan menunjukkan bukti pengesahan dari semua penguji serta Direktur Pascasarjana, maka yang bersangkutan berhak mendaftarkan diri untuk mengikuti yudisium. Setelah di yudisium barulah lulusan S2 dan S3 ini mengikuti wisuda. Sebab yudisium ini juga merupakan upacara pengukuhan gelar magister dan doktor melalui suatu surat keputusan (SK) direktur pascasarjana. Setelah yudisium para lulusan ini akan diberi surat keterangan telah lulus.

Sedangkan memahami wisuda adalah proses akhir dalam rangkaian kegiatan akademik pada sebuah perguruan tinggi. Wisuda juga merupakan tanda pengukuhan atas selesainya studi dan diadakan prosesi pelantikan melalui rapat senat terbuka. Upacara wisuda ini biasanya diadakan bebarengan dengan seluruh program studi dalam sebuah universitas.

Prosesi wisuda ini tidak sama waktunya pada setiap Universitas. Ada yang dilakukan dua kali setahun ada yang sekali setahun, bahkan di Medan, Sumatera Utara. kali ini tiga sampai empat kali pelaksanaan wisuda. Hal ini bertujuan untuk menghindari terlalu banyaknya peserta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar