Selasa, 17 Juli 2018

Pentingnya Peran Orangtua di Hari Pertama Sekolah


Tahun ajaran baru 2018/2019 telah dilmulai. Setelah 1-2 bulan memilih sekolah yang bermutu, terjangkau, dan nyaman di ‘saku’. Mayoritas sekolah di berbagai daerah di Indonesia memulai tahun ajaran baru pada tanggal 16 Juli 2018. Rutinitas orangtua untuk menyambut tahun ajaran baru umumnya adalah mempersiapkan kebutuhan sekolah untuk anak, mulai dari perlengkapan alat tulis sampai wejangan semalam suntuk bagi anak sekolah di luar kota hingga mondok. Namun, ada faktor penting yang terkadang dilupakan oleh para orangtua, yaitu mengantarkan sang buah hati pada hari pertama sekolah.

Mengantarkan anak pada hari pertama sekolah merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh orangtua. Kenapa diakatakan penting? Selain membuat anak terbantu beradaptasi di  lingkungan baru, psikologi si anak pun merasa bangga didepan teman-teman barunya apalagi bagi anak yang sangat menginginkan hal tersebut sedari dulu. Menyisihkan sedikit waktu untuk mengantarkan anak ke sekolah bukanlah hal yang sulit, karena hal tersebut dapat menjadi pengalaman yang menarik serta mampu menjadi salah satu bentuk kasih sayang orangtua kepada anak.


Pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan anak bukanlah hal yang sepele karena pendidikan adalah modal utama yang harus dimiliki oleh setiap individu yang hidup agar dapat bertahan menghadapi perkembangan zaman, termasuk di zaman milenial sekarang. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak terbukti memberikan banyak dampak positif bagi anak. Peran aktif orang tua tentu saja perlu didukung oleh komunikasi yang baik antara orang tua dan pihak sekolah. Seperti orang tua yang terlibat di sekolah baik TK, SD, SMP, dan SMA akan menuai efek positif yang akan berlangsung seumur hidup anak. Jadi tidak hanya peran guru dan lingkungan yang penting tetapi orangtua juga memegang peranan yang sangat penting dalam prestasi belajar anak.

Sebagai orangtua harus memahami bahwa menyekolahkan anak bukan semata-mata hanya mendaftarkan lalu menyerahkan semua proses kepada pihak sekolah. Campur tangan orangtua pun sangat penting demi memaksimalkan perkembangan dan potensi anak di sekolah. Orangtua harus menyempatkan diri untuk berkenalan dengan lingkungan sekitar, termasuk program belajar hingga fasilitas sekolah. Hal tersebut mampu menjadi salah satu kesempatan orangtua untuk membangun hubungan yang baik antara orangtua dengan pihak sekolah. Sehingga tujuan dari stakeholder pendidikan berfungsi dengan maksimal.

Untuk itu orang tua harus lebih memperhatikan potensi dan bakat yang ada pada anak mereka, memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran mereka di sekolah serta selalu memotivasi anak agar tetap semangat dalam belajar. Para orangtua juga diharapkan dapat melakukan semua itu dengan niat yang tulus untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral yang baik dan wawasan keintelektuala yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar